APP Darma Agung Gelar Uji Kompetensi Mahasiswa Pariwisata

Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung (APP DA) menggelar uji kompetensi bagi mahasiswanya di Hotel Garida Plaza, Senin (14/9/2020) lalu. Mereka berasal dari jurusan Perhotelan sebanyak 49 orang, dan jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) 11 orang.


Direktur APP DA Dra Binur Pretty Napitupulu kepada SIB, Jumat (18/9/2020), menyebutkan uji kompetensi tersebut dilakukan setiap tahun bagi mahasiswa semester akhir yang akan menyelesaikan studinya. Tujuannya, pertama, untuk mengukur pencapaian kompetensi mahasiswa yang akan menyelesaikan pendidikan.
Kedua, memfasilitasi mahasiswa mendapatkan sertifikat kompetensi dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja. Ketiga, sarana meningkatkan daya saing di dunia kerja.
“APP DA komit menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompeten saat memasuki dunia kerja. Saya senang mahasiswa tampak serius mengikuti uji kompetensi ini. Mereka telah dipersiapkan dengan baik sejak semester pertama, dan telah melewati masa praktik kerja lapangan atau PKL selama kurang lebih enam bulan,” jelas Binur Pretty Napitupulu didampingi Kaprodi Perhotelan APP DA Ivan Benedict Tambunan SE MM.
Pada kesempatan itu, Binur Pretty Napitupulu berterimakasih kepadamenyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua umum Yayasan Perguruan Darma Agung Ny Sariaty PR Siregar Br Pardede, dan Dr Gomgom TP Siregar, atas kepercayaan dan dukungannya baik secara moril maupun materil, terhadap APP DA.
Intan Nurianti Hutabarat, peserta uji kompetensi mengaku sempat agak tegang. Dia mengambil kompetens Front Office. “Semua rasa gugup saya hilang, karena penguji yang baik dan ramah, sesi wawancara berjalan dengan lancar dan kami diberi beberapa pertanyaan lain, semua jawaban yang saya jawab sesuai dengan pengalaman dan apa yang saya tahu selama kuliah di APP Darma Agung,” ujarnya.
Uji kompetensi ini menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Hotpari yang dipimpin Yan Ardi. Adapun kompetensi yang diuji antara lain Front Office, F&B Service, House Keeping, Cook, Pastry, Reservasi dan Penjualan Tiket Perjalanan.(*)

Sumber : Harian SIB

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *