FPP FAIR

Universitas Darma Agung (UDA) terus berinovasi mendorong pertumbuhan dunia pariwisata di Sumatera Utara. Kegiatan penjaringan talent dari kalangan generasi muda kerap dilakukan di lingkungan kampus.

Diantaranya, ajang kreativitas FPP  Fair 2015, ‘Spirit of Tourism North Sumatera’ dalam rangka In Memoriam Ibu Hermina Napitupulu ke-33 tahun 2015 di Kampus UDA, Senin (18/5). Pada kegiatan ini, diadakan lomba fashion show dan bartender yang melibatkan mahasiswa dan siswa/siswi tingkat SMA se Kota Medan.

Rektor UDA Prof. Dr Binsar Panjaitan, M.Pd  dalam sambutannya  menghimbau agar seluruh peserta yang menjadi pemenang nantinya murni karena kreatifitas, dengan keahlian dan kemampuan masing-masing. “Tentu juri juga akan memberikan penilaian yang objektif,” ujar Binsar.

Rektor menyampaikan ucapan terimakasih kepada Hibarsu (Himpunan Bar Tender Sumatera Utara) yang senantiasa mendukung kegiatan yang dilaksanakan FPP UDA. Juga disampaikannya, Ketua Yayasan UDA/ISTP Ny Sariaty PR Siregar Br Pardede sangat mendukung kegiatan tersebut. Kiranya kegiatan tersebut bisa mendorong dunia pariwisata Sumut.

“Kegiatan ini selain memperingati In Memoriam Hermina Napitupulu ke-33 tahun, ajang ini juga untuk menggali kreativitas dan sportivitas generasi muda,” kata Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung, Dra Binur Pretty Napitupulu MM.

Kemudian katanya, selain untuk memperkenalkan FPP ke masyarakat dan kaitan pengembangan pariwisata Sumut. “Kita turut mendukung dan menyemangati pariwisata di Sumut,” ujarnya. Dunia fashion, lanjutnya, sangat erat kaitannya dengan dunia pariwisata. “Tampilan busana yang casual cenderung digandrungi anak muda dan wisatawan,” ujarnya.

Saat ini, di Sumut khususnya di Medan pertumbuhan restoran dan perhotelan semakin pesat. “Termasuk resto coffee, tentu usaha seperti ini membutuhkan bartender,” jelasnya. Namun, saat ini lembaga untuk mendidik dan menghasilkan bartender belum cukup banyak. UDA sendiri sejak Maret lalu membuka kursus bartender dan sampai kini hanya mengasuh 25 orang yang terdiri dari kalangan mahasiswa dan pelajar di Medan. Harapannya, para Bartender ini akan mampu mengisi kebutuhan hotel dan resto di Sumut.

Sebelumnya telah dilaksanakan penandatanganan MoU antara Universitas Darma Agung dengan Aliran Duaa Enterprise Malaysia untuk penempatan Job Training Mahasiswa UDA di Malaysia. Tujuan MoU untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan mahasiswa dalam rangka menghadapi era MEA. Penandatanganan MoU dihadiri langsung Direktur Duaa Enterprisa, Badrul Hasmi Shari.

Pada kesempatan itu juga dilakukan wawancara langsung dari UDA ke hotel Ixora Hotel Penang dan Hotel Star City, yang diikuti 10 mahasiswa FPP UDA melalui Skype. Acara ini juga dihadiri oleh seluruh fungsionaris UDA, Ketua Hibarsu, Benny Panggabean, dan alumni APP-DA.