KEgiatan Promosi APP-DA ke Sekolah-sekolah

KEGIATAN PROMOSI Dalam Rangka Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2023/2024 Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung mengunjungi beberapa Sekolah SMK & SMA Yang ada di Patumbak Sibiru Biru 1. SMK Yapim Sibiru biru2. SMA Yapim Delitua3. SMK Negeri I PatumbakBuat Kamu Kamu yang mau lanjut Kuliah, Buruan Daftar ke Kampus Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung

Kunjungan APP-DA ke Beberapa Hotel ternama di Kota Medan

Kegiatan Promosi di Beberapa Hotel Yang Ada di Kota Medan diantaranya Hotel Four Points, Hotel Raddisson, Hotel Polonia serta Hotel Danau Toba Internasional, yang dalam kesempatan ini bisa bertemu langsung dengan General Manager untuk menjalin kerjasama dalam Penerimaan Mahasiswa Baru yaitu Kelas Eksekutif untuk Kalangan Karyawan Hotel (Pekerja).#salamhoteliers#salampariwisata

Kegiatan Medan City Tour

Kegiatan Dasar Buat Mahasiswa/i AKADEMI PARIWISATA DAN PERHOTELAN DARMA AGUNG baik itu Jurusan Perhotelan Dan Usaha Perjalanan Wisata yaitu Medan City Tour sekaligus Pengenalan langsung ke Hotel Berbintang, kegiatan ini dipandu langsung Oleh masing2 Kaprodi yaitu Ibu Dameria Girsang (Kaprodi UPW) dan Pak Ivan Benedict (Kaprodi Perhotelan).

Kegiatan Medan City Tour ini diberangkatkan langsung Oleh Ibu Direktur Nirwaty Tarigan Unin Tigan Semoga Kegiatan Medan city Tour ini membuat Mahasiswa/i lebih sadar akan menjaga dan melestarikan Pariwisata Heritage yang ada di Kota Medan

Penandatangan Nota Kesepahaman dan kerjasama dengan Isparta Univ. of Applied Science, Aldeniz University, dan Sulayman University

Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung Medan (APP) yang diwakili oleh Direktur, Dra. Binur P. Napitupulu,MM melakukan penandatangan Nota Kesepahaman dan kerjasama dengan Univ. of Applied Science, Aldeniz University, dan Sulayman University.

Nota Kesepahaman dan Kerjasama ini menekankan pada bidang pariwisata terhadap pendidikan, yaitu pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian dan bidang-bidang lainnya antar kedua perguruan tinggi ini. Dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman dan kerjasama ini menjadikan APP siap menyongsong era global yang semakin terbuka dan kompetitif.

Tujuan kegiatan ini dilakukan agar memperluas jaringan secara international serta kerjasama dengan dunia internasional sehingga mahasiswa dan lulusannya bisa diakui dan kompetitif, program ini bukan hanya bentuk kerjasama tetapi juga berdiskusi dan mempersentasikan kelebihan kampus masing – masing sesuai dengan bidangnya. Institusi yang ada di Turkiye menyambut kehadiran Direktur Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung dengan sangat baik, sehingga kedepannya dapat lebih maju.

Dengan adanya kerjasama ini maka akademisi, dosen dan mahasiswa dapat melakukan kegiatan baik secara daring dan luring. Kegiatan daring yaitu dengan melakukan webinar dan international conference sedangkan kegiatan luring yaitu terbukanya pertukaran mahasiswa dan dosen tamu di antara kedua belah pihak.
Ibu Binur berharap dengan adanya kerjasama yang dilakukan tersebut bisa mencapai indikator implementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang merupakan suatu keharusan yang di terapkan setiap perguruan tinggi di indonesia.

Penerimaan Mahasiswa Baru , Tahun Ajaran 2022/2023

amu ingin menjadi Hotelier Profesional ?Menjajaki Karir di dunia Perhotelan ?Akademi Pariwisata Darma Agung tempat nya untuk menggali, mengasah dan menimba Ilmu dan Wawasan dengan Pengajar yang Profesional…

Klik Galeri di bawah ini untuk informasi selanjutnya:

Atau klik Link dibawah ini untuk langsung mendaftar:

APP DA Gandeng TIE-UPS International Gelar Bimtek Soft Skill

Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung (APP DA) menggandeng TIE-UPS International (Perwakilan India di Indonesia) menggelarBimbingan Teknis(Bimtek) ‘Soft Skill’ bagi ‘fresh graduate’ di Hotel Danau Toba Internasional (HDTI) Medan, Rabu (13/10). Tampil sebagai pembicara, yakni praktisi HRD Jasbir SE MPSi, Joe Nasroen SSos MAP dari ASITA dan pakar bahasa Inggris Mega Williandani SS MLi.
Direktur APP DA Dra Binur Pretty Napitupulu MM didampingi Wakil Direktur I Nirwaty Tarigan MM dan Wakil Direktur III Dr Padriady Wiharjokusumo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Umum Yayasan Perguruan Darma Agung Ny Sariaty PR Siregar br Pardede dan Dr Gomgom TP Siregar SSos SE SH MM MH yang sudah memberi dukungan dan fasilitas sehingga seluruh rangkaian acara berjalan dengan sukses. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada GM Hotel Danau Toba Internasional.


Di sela Bimtek, Binur Pretty Napitupulu kepada wartawan mengatakan peserta terdiri dari mahasiswa APP DA yang sedang menyelesaikan tugas akhir. “Mereka ini direncanakan wisuda akhir tahun ini. Diharapkan melalui Bimtek ini, fresh graduate tak gamang masuk dunia kerja,” ujarnya, seperti dilansir dari harianSIB.com.
Dunia kerja menurutnya sangat keras karena sengitnya persaingan. Jadi mahasiswa tingkat akhir perlu meningkatkan kemampuan diri, pantang menyerah dalam situasi apapun diikuti kerja keras, dan berkolaborasi dengan teman atau jaringan yang terlebih dahulu bekerja atau membuka lapangan kerja
Binur Pretty Napitupulu menginformasikan APP DA telah memperlengkapi lulusannya jurusan Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dengan berbagai kompetensi. Selain memiliki ijazah, juga ada sertifikat kompetensi, sertifikat TOEFL dan soft skill memasuki dunia kerja.

APP Darma Agung Gelar Uji Kompetensi Berstandar Nasional

AKADEMI Pariwisata dan Perhotelan (APP) Darma Agung menggelar uji kompetensi terhadap 82 mahasiswa di Hotel Garuda Plaza Medan pada 23-24 September 2021.

Uji kompetensi yang dibagi dalam dua sesi peserta ini dilakukan bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Hotel dan Pariwisata Sumut.

Direktur APP Darma Agung Dra Binur Pretty Napitupulu MM mengucapkan terima kasih atas dukungan dan perhatian dari Ketua Umum YPDA/ISTP Ny Sariaty PR Siregar br Pardede dan bimbingan dari Dr Gomgom TP Siregar SSi SH MH.

APP Darma Agung, kata direktur, didirikan tahun 1979 oleh DR TD Pardede sehingga memiliki banyak pengalaman. APP Darma Agung dengan Program Studi Perhotelan dan Program Studi Usaha Perjalanan Wisata ini merupakan akademi terbaik di Sumut pada tahun 2019 dan 2020.

Binur Pretty Napitupulu menambahkan APP Darma Agung di Jalan DR TD Pardede/Jalan Bantam Nomor 21 Medan memiliki visi menjadi akademi pariwisata dan perhotelan yang terkemuka dalam operasional perhotelan dan usaha perjalanan wisata pada tahun 2034.

Direktur juga memberi apresiasi terhadap masa depan pariwisata di Indonesia termasuk di kawasan Danau Toba yang mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Ia juga berharap semakin besar perhatian pemerintah terhadap akademi pariwisata.

Terhadap uji kompetensi, direktur berterima kasih atas dukungan LSP Hotel dan Pariwisata Sumut Sumut. Ia mendorong mahasiswa untuk antusias mengikuti kegiatan. Uji kompetensi semacam itu rutin diadakan tiap tahun.

Dari uji kompetensi, direktur yakin semua mahasiswa APP Darma Agung berhasil mendapatkan sertifikat kompeten. Sebab telah banyak dibekali teori, praktik dan attitude dalam perkuliahan di APP Darma Agung. ”Semua mahasiswa yang tamat harus memiliki Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) berupa beberapa sertifikat kemampuan yang harus dilampirkan termasuk sertifikat kompetensi, sertifikat Bahasa Inggris TOEFL, sertifikat softskill dan sertifikat praktik kerja lapangan serta sertifikat nasional dan internasional. Sehingga kompeten di dunia kerja,” tegas direktur. Kabag Ops LSP Hotel dan Pariwisata Sumut Yan Ardi mengungkapkan bahwa uji kompetensi berguna melihat sejauhmana kemampuan kompetensi dari mahasiswa APP Darma Agung. Apabila kompeten akan menerima sertifikat berstandar nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Yan Ardi menambahkan bahwa uji kompetensi ini berguna untuk memudahkan memperoleh pekerjaan. Sedangkan bagi dunia akan memperoleh tenaga kerja terlatih dan bagi pemerintah berguna mendata Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang hotel dan pariwisata yang telah bersertifikat. LSP Hotel dan Pariwisata Sumut melihat SDM hotel dan pariwisata di Sumut cukup unggul. Sehingga dalam pengembangan pariwisata kawasan Danau Toba agar lebih banyak dilibatkan lulusan akademi dan politeknik pariwisata perhotelan dari Sumut. ”Pengalaman uji kompetensi APP Darma Agung tahun sebelumnya maka 100 persen kompeten. Tahun ini juga diharapkan semua dapat kompeten. Banyak alumni APP Darma Agung yang bekerja sebagai supervisor dan manager di berbagai daerah di Indonesia karena mereka selalu cepat merespon dan selalu ingin tahun.” 

Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung (APP DA) Mengadakan Workshop tentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)

Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung (APP DA) merespons kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim tentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Mereka menggelar workshop dengan mengundang Wakil Rektor 1 Universitas Negeri Medan (Unimed) dan praktisi dari dunia usaha-dunia industri (DUDI) untuk berdiskusi dan mendengar masukan mereka terkait rencana revisi kurikulum. Tujuannya agar lulusan perguruan tinggi vokasi ini siap kerja di bidang pariwisata.

Direktur APP DA Dra Binur Pretty Napitupulu MM kepada wartawan, Minggu (11/3/2021), menyebutkan revisi kurikulum mutlak diperlukan sebagai respons terhadap kebijakan Mendikbud dan perkembangan era revolusi industri 4.0 serta era society 5.0. “Kami mengundang empat narasumber yang kompeten di bidangnya, dengan peserta dari dosen, tenaga kependidikan, alumni dan mahasiswa,” katanya.
Workshop tersebut telah berlangsung pada Selasa (9/3/2021) lalu, dengan narasumber Wakil Rektor 1 Unimed Dr Restu MS, Ketua Perhimpunan GM Sumut (IHGMA) Achmad Zulham CHA, Yan Ardi dari LSP Hotpari dan CHJ Gultom dari Asita (Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies) Sumut. Mereka menyampaikan pandangan dan masukan terhadap APP DA terkait Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Secara khusus, disampaikan dukungan penuh dunia industri perhotelan dan travel terhadap APP-DA, melalui pemagangan, praktik kerja lapangan (PKL), hingga duduk bersama tentang link and match antara industri dan kampus.


Dalam acara pembukaan, laporan Ketua Panitia disampaikan Ivan Bennedict Tambunan MM, dan sambutan dari Binur Pretty Napitupulu sebagai Direktur APP. Turut menyampaikan sambutan Ketua Umum Yayasan Pendidikan Darma Agung (YPDA) Ny Sariaty PR Siregar br Pardede yang diwakili Dr Gomgom TP Siregar SE S.Sos SH M.Si MH.
Secara khusus, Binur Pretty Napitupulu mengucapkan terimakasih kepada Ketua YPDA Ny Sariaty PR Siregar br Pardede yang diwakili Gomgom TP Siregar, atas dukungannya acara tersebut bisa berjalan dengan baik.
” Sesuai Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, APP DA sebagai perguruan tinggi vokasi, bisa menerapkan merdeka belajar, kampus merdeka. Ada dua yang bisa ditempuh, yakni mahasiswa bisa mengambil mata kuliah di prodi berbeda sesama APP DA, dan bisa mengambil mata kuliah di kampus lain dalam prodi yang sama,” jelas Restu dalam workshop.
Achmad Zulfan dan CHJ Gultom secara bergantian menjelaskan kondisi pariwisata terkini dunia, Indonesia dan Sumut di era pandemi Covid-19. “Meski kunjungan turis anjlok, tetapi masih ada peluang dan harapan. Mari tetap optimistis,” kata CHJ Gultom. Sementara Yan Ardi menyampaikan kompetensi yang harus dimiliki lulusan APP DA sehingga siap kerja begitu keluar dari kampus.
Acara berlangsung apik dipandu Nirwaty Tarigan MM. Sebelumnya ada penandatangan MoU APP DA dengan Asita Sumut dan IHGMA Sumut. Hiburan diisi suara emas Susan Sitohang SH MM dan penampilan bartender juggling bottles olah mahasiswa. Usai acara dilanjutkan foto bersama peserta dan narasumber.(*)

PENERIMAAN MAHASISWA/I BARU TAHUN 2021

Tahun ini Akademi Pariwisata & Perhotelan Darma Agung Medan kembali membuka pendaftaran bagi tamatan Siswa/i SMA/SMK/SLTA. dengan Akreditasi “B” dan Akademi terbaik dilingkungan  Kopertis Wilayah 1 Sumatera Utara, kami mengundang adik-adik sekalian untuk bergabung bersama kami memajukan pariwisata Indonesia. Telah banyak Alumni dari Akademi Pariwisata & Perhotelan Darma Agung Medan yang telah berhasil didunia kerja maupun pemerintahan. Untuk itu, tunggu apa lagi, gabung sekarang dan informasi pendaftaran dapat dilihat ada brosur dibawah ini.